E - Book

BSE DIKNAS, Buku Fiksi dan Nonfiksi

Bank Soal

UH, UAS, UAN, Olimpiade, UM SPMB & Test CPNS

E - Learning

Ilmu Pengetahuan Populer dan Teknologi Informasi
 
TERIMA KASIH TELAH MAMPIR KE BLOG INI.. UNTUK MENDOWNLOAD FILE SILAHKAN KLIK TEXT BERWARNA BIRU.. .

Fenomena Gerhana Venus Terbagi Empat Tahap

Jun 7, 2012

Fenomena_Gerhana_Venus_Terbagi_Empat_Tahap

Fenomena gerhana planet venus yang telah terjadi pada hari Rabu (6/6/2012) siang terbagi dalam empat proses tahapan.
Proses transit venus pada Rabu siang itu terdiri atas empat tahap, mulai dari venus menyentuh tepi luar piringan matahari, venus ada di dalam matahari, venus menyentuh tepi dalam sisi piringan matahari, dan hingga venus meninggalkan matahari,. Selain untuk pengamatan, fenomena transit venus ke matahari juga untuk mengukur perkiraan jarak ruang angkasa, mulai dari bumi ke matahari, jarak venus ke matahari, serta jarak bumi ke planet venus.
Fenomena transit planet venus melintas di depan permukaan matahari berbentuk titik hitam, dan dalam seratus tahun fenomena ini hanya terjadi dua kali, yakni pada 8 Juni 2004, dan hari ini atau 6 Juni 2012, fenomena serupa akan terjadi seratus lima tahun yang akan datang, atau pada 2117. Untuk menyaksikan secara langsung fenomena transitnya venus ke matahari, selain menggunakan teleskop, juga dapat dilihat menggunakan kacamata gerhana. Dengan dua alat itu, warga dapat melihat secara langsung transitnya venus ke permukaan matahari

Berikutnya, seperti dilansir dari kemenkominfo.go.id,  baru akan terjadi lagi pada tahun 2117 dan 2125. Lalu apa yang dimaksud dengan transit dan mengapa kejadiannya begitu langka?
Transit adalah melintasnya planet di depan piringan Matahari karena saat itu Matahari, planet dan Bumi terletak segaris (konjungsi inferior) dan sekaligus sebidang. Peristiwa ini mirip seperti terjadinya gerhana Matahari. Perbedaannya adalah benda yang berada di antara Matahari dan Bumi bukan Bulan melainkan planet dalam (Merkurius atau Venus).
Karena diameter sudut planet jauh lebih kecil daripada diameter sudut Matahari (hanya 1/30 kalinya), maka piringan Matahari tidak akan tertutupi banyak oleh piringan Venus. Dari Bumi, kita hanya akan melihat adanya bintik hitam yang melintasi Matahari. Bintik hitam itulah planet yang sedang transit.
Peristiwa transit Venus ini terjadi dalam rentang waktu berpola 121,5 tahun, 8 tahun, 105,5 tahun, dan 8 tahun. Jadi selalu ada sepasang transit yang terjadi berdekatan sebelum yang berikutnya terjadi dalam rentang waktu yang lama. Sejak penemuan teleskop, tercatat ada 7 kali transit Venus yang teramati.
Pengamatan yang pertama dilakukan oleh Jeremiah Horrocks dan William Crabtree, keduanya astronom asal Inggris, pada tahun 1639. Sebenarnya transit tersebut didahului dengan transit pada tahun 1631, namun saat itu tidak ada yang melakukan pengamatan. Peristiwa transit berikutnya yang pernah diamati adalah pada tahun 1761 & 1769, 1874 & 1882, serta 2004.

Orbit Venus dan Bumi Tak Sebidang
Transit Venus menjadi peristiwa yang langka karena orbit Venus dan Bumi dalam mengelilingi Matahari tidak sebidang. Orbit keduanya bersilangan (disebut juga inklinasi) sebesar 3,4 derajat.
Akibatnya peristiwa transit hanya akan terjadi apabila saat di posisi konjungsi inferior, Venus berada di sekitar titik potong orbit Venus dan Bumi. Pola waktu terjadinya transit di atas berulang setiap 243 tahun, karena 243 tahun Bumi (88757,3 hari) hampir sama dengan 395 tahun Venus (88756,9 hari Bumi) atau sama dengan 152 periode sinodis Venus.
Peristiwa ini tidak dapat diamati dengan mata telanjang. Kita harus menggunakan alat bantu optik seperti binokular atau teleskop. Dan sama ketika mengamati gerhana Matahari, untuk mengamati transit Venus ini kita harus melengkapi peralatan kita dengan filter/penapis cahaya Matahari. Tanpa filter Matahari, mata kita akan terbakar, rusak, dan akhirnya membuat kita buta.

Related Posts [ Jangan lupa berkomentar ea.. ]



0 Comments:

Post a Comment