E - Book

BSE DIKNAS, Buku Fiksi dan Nonfiksi

Bank Soal

UH, UAS, UAN, Olimpiade, UM SPMB & Test CPNS

E - Learning

Ilmu Pengetahuan Populer dan Teknologi Informasi
 
TERIMA KASIH TELAH MAMPIR KE BLOG INI.. UNTUK MENDOWNLOAD FILE SILAHKAN KLIK TEXT BERWARNA BIRU.. .

Berkenalan dengan MAXIMA

Apr 30, 2012


Saat ini ada banyak software open source yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran matematika., diantaranya adalah Maxima. Maxima merupakan salah satu software open source untuk Computer Algebra System (CAS). Pembaca mungkin sudah mengenal Maple yang juga merupakan salah satu software CAS yang berkemampuan baik, tetapi  untuk menggunakan Maple secara legal, kita masih harus mengeluarkan uang cukup besar untuk membeli lisensinya. Berbeda dengan Maxima, untuk menggunakan Maxima  pengguna atau calon  pengguna  tidak perlu mengeluarkan  biaya untuk membeli software maupun lisensinya, bahkan pengguna dapat memperoleh source code dan dapat dimodifikasi disesuaikan dengan kebutuhannya. Pengguna/calon pengguna bisa mendapatkan 
Maxima secara cuma-cuma dari alamat web  http://maxima.sourceforge.net/.  Maxima dikembangkan oleh MACSYMA system, dimana Maxima merupakan salah satu CAS yang hebat yang mengkombinasikan kemampuan grafis, simbol, dan numeris.  Maxima dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan turunan, integral, persamaan linier, persamaan polynomial, fungsi Laurent, deret Taylor, grafik 2D dan 3D, dan beberapa pekerjaan lainnya. Dengan maxima pengguna juga dapat melakukan pemrograman untuk suatu pekerjaan tertentu. 
Untuk antarmuka atau  interface, Maxima mempunyai 2 interface yaitu Xmaxima dan wxmaxima. Untuk pengguna baru, umumnya lebih suka menggunakan wxmaxima karena  interfacenya berupa kelompok-kelompok ikon, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan di mana ikon-ikon yang akan digunakannya. Dengan interface wxmaxima, pengguna yang masih baru juga dapat sambil mempelajari secara pelan-pelan  syntak  dan perintah-perintah yang ada di dalam  Maxima.  sedangkan untuk pengguna yang sudah mahir atau familiar dengan  Maxima lebih cenderung menggunakan antarmuka Xmaxima.   Interface Xmaxima tidak mempunyai ikon-ikon seperti halnya wxmaxima.  Xmaxima hanya mempunyai tampilan yang berisi kelompok menu dan input cell untuk mengetikkan perintah-perintah baru yang akan dberikan user, dengan kata lain Xmaxima akan berisi command line  yang diberikan oleh pengguna. Dengan tampilan tersebut, pengguna yang sudah mahir lebih leluasa untuk mengetikkan perintah-perintah yang dikehendakinya untuk suatu pekerjaan, bahkan pengguna mahir merasa lebih cepat untuk mengetikkan langsung perintah- perintah tersebut daripada harus mencari-cari ikon untuk perintah yang dimaksud.  Kelebihan Xmaxima dibanding dengan wxmaxima adalah Xmaxima lebih stabil, sedangkan wxmaxima sangat cepat perkembangannya dan interfacenya sering berubah-ubah.

Related Posts [ Jangan lupa berkomentar ea.. ]



0 Comments:

Post a Comment